Keseruan Berswafoto Di Benteng Vastenburg Solo

0
241
Benteng Vastenburg Solo
Benteng Vastenburg Solo

Benteng Vastenburg Solo

Selain terkenal akan batiknya,  di Kota Solo ini juga mempunyai segudang wisata sejarah lhoo. Dari sekian wisata sejarah yang ada di Solo, salah satu paling recomended adalah benteng vastenburg.

Mungkin diantara kalian sudah banyak yang mengetahui tentang wisata ini, karna wisata ini cukup terkenal dikalangan Mancanegara. Banyak para wisatawan yang mengunjungi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

by AGUS RIYADI

Wisata ini memiliki segudang cerita tentang sejarah sejarah yang sangat unik dan menarik, jadi bagi kalian pecinta sejarah sejarah zaman dulu tempat ini sangat pas untuk anda.

Selain sejarahnya di wisata ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan unik. Bangunan bangunan yang terdahulu tetapi masih bisa berdiri kokoh dan memiliki bentuk bangunan yang unik.

Jadi mungkin karena itu banyak para muda-mudi yang datang ke wisata ini untuk selfie-selfie atau melihat dan mendengarkan secara langsung tentang wisata ini.

Wisata ini sangat cocok dikalangan usia, jadi bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini bisa mengajak keluarga, sahabat, atau kerabat dekat anda untuk mengunjungi wisata ini.

Disini saya akan membahas tentang benteng vastenburg, lokasinya, harga tiket, dan beberapa fasilitas yang menarik yang berada di wisata ini.

Benteng Vastenburg Solo

Benteng Vastenburg di kota solo merupakan salah satu situs peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Meskipun sudah berumur ratusan tahun namun eksistensi.  Benteng  Vastenburg sebagai salah satu destinasi wisata di Solo tidak pernah luntur.

by Dhanu Kusuma

Meskipun benteng ini sempat terabaikan berpuluh-puluh tahun lamanya, tapii saat ini Benteng ini menjadi lebih terlihat cantik dan exotic setelah pembenahan beberapa tahun yang lalu.

Benteng Vastenburg di solo ini dibangun pada tahun 1745 dibawah perintah Gubernur Jenderal Baron van Imhoff. Pembangunan benteng tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pengawasan Belanda terhadap para penguasa Keraton Surakarta.

Selain itu, benteng ini juga dibangun sebagai pusat garnisun. Benteng ini terletak di kediaman gubernur Belanda yang kini menjadi Kantor Balai Kota Surakarta. Bentuk tembok Benteng Vastenburg tersebut berupa bujur sangkar yang ujung-ujungnya ada penonjolan ruang atau disebut juga Selekoh ( bastion ).

by AGUS RIYADI

Di sekeliling tembok benteng ini terdapat tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang. Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer. Di tengahnya terdapat lahan terbuka untuk persiapan pasukan atau apel bendera.

Setelah kemerdekaan, benteng ini digunakan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan. Pada masa 1970-1980 bangunan ini digunakan sebagai tempat pelatihan keprajuritan dan pusat Brigade Infentary 6/ Trisakti Baladaya  Kostrad untuk wilayah Karisidenan Surakarta  dan sekitarnya.

Setelah lama tidak terpakai sejak 1980-an, benteng ini penuh semak belukar dan tak terawat.Sejak kepemimpinan Joko Widodo, tahun 2014. Benteng Vastenburg kembali dibenahi dan direnovasi. Hal tersebut terlihat kini wajah Benteng ini lebih cantik indah, dan estetik.

Benteng vastenburg Merupakan salah satu tempat yang juga menjadi saksi bisu para pahlawan Indonesia dalam perjuangannya melawan penjajah. Dulunya tempat inilah para pejuang kita dipenjara, disiksa hingga akhirnya dibunuh oleh tentara Belanda.

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut, dibangunlah sebuah Tugu Prasasti. Tugu tersebut dibangun di sebelah Selatan bentang ini.

Sangat sangat menarik bukan. Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Solo ini tetapi tidak mengunjungi wisata ini.

Lokasi Benteng Vastenburg Kota Solo

Untuk lokasi benteng ini sangat mudah dicari, karna tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan kota Solo begitupun di kota kota lainnya.




Kawasan yang telah menjadi salah satu destinasi wisata yang hits ini sangat mudah ditempuh dengan menggunakan berbagai transportasi seperti kereta, bus, atau kendaraan pribadi motor atau mobil.

Destinasi Benteng Vastenburg Solo
Alamat Kedung Lumbu, 
Kota/Kecamatan Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
No. Telepon
Jam Buka Senin – Minggu / 09.00-16.30
Wahana Bangunan Bersejarah

 

Jadi jika kalian mengunjungi wisata ini pasti akan buka terus sangat disayangkan jika anda mengunjungi kota Solo ini tetapi tidak mengunjungi wisata sejarah yang unik ini. Disini juga terdapat pemandangan yang indah di sekitarnya ditambah dengan bangunan tua yang unik dan menarik.

Bagi kalian pecinta cerita sejarah tempat ini sangat pas untuk kalian dan menurut cerita di wisata ini juga memiliki cerita mistis yang tersembunyi. Jika kalian penasaran masukan wisata benteng ini ke dalam list liburanmuu

Harga Tiket Masuk Benteng Vastenburg Kota Solo

Untuk harga tiket masuk ini gratiss. Tapi setiap waktu bisa berubah ubah yaa. Tapii dengan harga gratis anda sudah dimajakan dengan pemandangan bangunan putih yang indah dan cantik, selfie selfie sekaligus mengetahui secara langsung sejarah dari benteng ini.

Benteng Vastenburg Solo
Benteng Vastenburg Solo

Untuk mengunjungi wisata ini jika anda tidak ingin terlalu ramai atau padat pengunjungnya anda harus datang saat weekday, karna saat weekend dipastikan benteng ini sangat ramai dan padat.

Benteng Vastenburg cocok sekali untuk hunting foto lhoo guna memenuhi kebutuhan social mediamu. Bangunanya yang terlihat kuno bisa kamu jadikan latar belakang foto.




Benteng ini dulunya sempat dilupakan, tapi sekarang menjadi tempat wisata sejarah sekaligus selfie baru yang ada di Kota Solo. Bahkan tak sedikit juga pengunjung yang memanfaatkan kunjungan mereka kesini  untuk melakukan professional photoshoot session.

Waktu terbaik mengunjungi wisata ini adalah sore hari karna dimana suasanya dan cuaca udaranya adem dan sejuk. Mengunjungi situs bersejarah seperti Benteng Vastenburg ini bisa jadi kegiatan yang sangat mengasyikan.

Fasilitas Benteng Vastenburg

Selain cerita cerita tentang benteng ini, lokasi ini, dan harga tiketnya disini juga terdapat beberapa fasilitas yang mendukung akan wisata ini, seperti ;

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menarik banyak bukan mulai dari sejarahnya, pemandangannya, bangunan tua yang indah dan unik. Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi. Malahan kalian akan bersenang senang berada disini.

Dan tidak akan mau pulang hehe. Saya sarankan juga jika anda ingin berkunjung kesini saat weekday atau hari biasa supaya tidak terlalu ramai dan padat.