Keindahan Air Terjun Jumog Yang Bikin Lupa Pulang

0
1230
Air Terjun Jumog Karanganyar
Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar

kabupaten karanganyar yang memiliki wilayah yang sangat luas dan terkenal ini juga memiliki wisata alam yang masih asri dan sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan atau yang lainnya.

Air Terjun Jumog ini merupakan wisata rekreasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan anda dengan mengunjungi wisata ini. Bersama keluarga, sahabat, atau kerabat dekat anda.

Air Terjun Jumog ini juga merupakan salah satu wisata tersembunyi yang terdapat di Kota Semarang ini dan pastinya air terjun ini memiliki pesona keindahan yang sangat menakjubkan. Sangat disayangkan jika anda berada di karanganyar ini tetapi tidak mengunjungi wisata yang populer ini.

Mungkin itu yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjungi wisata ini. Seperti yang kalian tau Indonesia ini memiliki keindahan panoramanya yang sangat mempesona begitupun air terjun ini yang tidak kalah dengan pesona keindahan yang lainnya.

Keindahan Air Terjun Jumog Karanganyar

Disini kita akan membahas tentang Air Terjun Jumog ini mulai dari lokasinya dimana, harga tiketnya berapa, dan mitos apa saja yang beredar dan apa saja sihh fasilitasnya. Kita akan membahas ini sampai pojook. Ikuti teruus yaa.

Air Terjun ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Kota Solo ini. Seperti air terjun pada umumnya curug ini memiliki keindahan yang sangat membuat kita membelalakan mata saat melihatnya.

Tapi selain keindahan panoramanya, air terjun ini juga merupakan destinasi wisata yang masih terbilang alami dan air terjun ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer di kalangan mancanegara. Maka dari itu kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan kalian datanglah ke wisata ini.

by Sigit Heri purwanto

Air terjun ini memiliki ketinggian Cuma sekitar 30 meter airnya tidak terlalu besar walapun hujan turun. Airnya juga sangat jernih tidak heran banyak sekali para pengunjung yang melakukan aktivitas bermain air atau merendam kaki di aliran sungai air terjun tersebut

Istimewanya lagi selain air terjun disini juga terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Dan jembatan ini juga menjadi spot foto bagi para pengunjug karna jembatan ini berlatar belakang air terjun yang indah dan mempesona.

Di jembatan ini pun kamu masih bisa mendengar gemercik air terjun dari Air Terjun Jumog. Suara yang ditimbulkan pun sangat khas. Bagi kalian pecinta air terjun wisata ini sangat cocok juga untuk kamu.

by Sigit Heri purwanto

Air Terjun ini juga sangat cocok untuk dikalangan usia kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan, atau kerabat dekat anda tapii anak-anak harus ada dalam pengawasan orang tua maupun orang dewasa yaa.

Kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini seperti bermain air, berenang, atau duduk santai sembari menikmati jatuhnya air terjun dari ketinggian yang sangat sejuk dan alami untuk menyegarkan hati dan pikiran. Pastinya air terjun ini memiliki panorama yang tiada duanya yang akan membuat kalian betah berlama-lama disini.

Asal Usul Mitos Air Terjun Jumog

Pada zaman dulu, nama air terjun ini adalah air terjun pengantin yang diberi nama oleh warga sekitar. Kenapa dinamakan air terjun pengantin, karena jumlah curug ini ada 2 dan berada dalam 1 wilayah yang berdekatan.

by Fendy Sapto

 

Atau lebih tepatnya nama air terjun pengantin ini diambil dari keunikan wujud sepasang curug yang berdampingan layaknya sepasang pengantin baru.

Menurut penduduk sekitar, tempat ini dulunya bernama Grojogan Jumog atau Dugji. Grojogan adalah sebutan orang Jawa yang artinya air jatuh dari atas ke bawah.

Tapi karena curug ini terbelah menjadi dua komponen, akhirnya lokasi wisata tersebut dinamai air terjun pengantin. Tapi sekarang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Jumog.




Menurut mitos yang beredar bagi kalian yang masih pacaran dan ingin menikah dengan mengunjungi wisata ini, hubungan kalian akan kian dekat dengan pernikahan. Dan bagi kalian yang telah menikah akan semakin mesra serta harmonis dalam kehidupan berumah tangga.

by Fendy Sapto

Sementara bagi kalian yang belum mempunyai pasangan atau jomblo, atau yang berkeinginan mencari jodoh, bisa menyegarkan pandangan disini. Tapi itu menurut mitos mitos yang beredar yaa.

Masyarakat sekitar percaya kalau ada sepasang anak muda yang masih pacaran lalu mengunjungi wisata ini maka tidak lama lagi keinginan mereka untuk menikah akan terealisasi.

Sementara bagi yang sudah menikah rumah tangganya akan semakin harmonis, tentram, dan semakin bahagia.

Lokasi Air Terjun Jumog Karanganyar

Untuk bisa mengunjungi wisata ini sangatlah mudah dijangkau dan dilewati kendaraan umum seperti bus, angkot atau pribadi seperti motor, mobil tapi ini cuma sampai depan saja

by Fendy Sapto

karna untuk memasuki curug ini juga memerlukan perjuangan dengan lika liku perjalanan yaituu dengan menuruni seratus enam belas anak tangga.

Selama perjalanan itu kamu akan disuguhi pemandangan alam di sebelah kanan dan kiri karna hanya terlihat hijaunya pepohonan yang membuat udara menjadi sangat sejuk. Tapi setelah itu anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang indah dan megah ini.

Air Terjun Jumog Karanganyar
Air Terjun Jumog Karanganyar
Destinasi Air Terjun Jumog Karanganyar
Alamat Jln.dk berjo Berjo, Berjo
Kota/Kecamatan Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
No. Telepon
Jam Buka Senin- Minggu / 08.00 – 16.30
Wahana Air Terjun / Pemandangan Alam




Bagi kalian pecinta tempat tempat yang unik, sejuk dan alami tempat ini sangat pas untuk anda. Wisata Ini juga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau anda ingin berkumpul, bercanda tawa ria, atau melakukan aktivitas lainnya.

Ditambah dengan pemadangan sekitar yang sangat menakjubkan membuat kalian betah berlama-lama disini. Jadi jika kalian bingung ingin menghabiskan liburan anda, kalian harus mengunjungi wisata ini. Dan tentunya memberikan sensasi berbeda dari biasanya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Untuk harga tiket masuk ini sangatlah murah dan tidak menguras kantong hanya Rp. 5.000. Tapi harga tiket masuk bisa sewaktu-waktu berubah yaak tergantung hari weekday (hari biasa) atau hari libur nasional (libur panjang).

by Anang Prio Pambudi

Tapi dengan harga yang sangat murah anda sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Jumog ini yang sangat mempesona dan menakjubkan ditambah dengan keindahan pepohonan hijau yang rindang menambah kesan mewah di wisata ini.

Dan harga tiket tersebut juga sudah termasuk dengan wahana permainan yang ingin kalian mainkan disini.

Air Terjun ini juga merupakan salah satu wisata terrfavorit di Kota Solo ini karna harga yang murah tapi kita bisa menikmati keindahan air terjun dari atas ketinggian dan keindahan di sekitarnya,

atau jika kalian ingin mempotret juga bisa seperti selfie selfie kekinian dan langsung upload di ig atau sosmed yang lainnya atau untuk foto prewedding juga bisa.

Wahana Permainan dan Fasilitas

Selain air terjun dan keindahan pepohonan di Wisata ini juga memiliki wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak. Apa saja wahana permainannya .

by Anang Prio Pambudi

berikut dibawah ini terdapat beberapa wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak:

  • Jungkat-jungkit
  • Ayunan
  • Bola panjat
  • Kolam renang
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya




Wahana permainan tersebut sangat cocok bagi anak-anak bukan. Jadi bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan anda bersama anak-anak anda dengan wisata alam ditambah wahana tersebut ada juga pemandangan air terjun yang sangat indah dan mempesona. Wisata ini sangat pas untuk anda

Fasilitas yang lain juga ada:

  • Tempat parkir
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Tempat Makan
  • Kamar Bilas
  • Gazebo mini
  • Dan masih banyak yang lainnya

Sangat sangat menyenangkan bukan kalian bisa melakukan berbagai aktivitas disini dengan hati yang tenang dan damai ditambah sejuknya air terjun dan pepohonan yang rindang.

Jika kalian mengunjungi wisata ini dijamin tidak akan rugi malahan kalian akan betah berlama-lama disini.

Selain pemandangannya disini juga ada gazebo jadi bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan tersebut anda bisa duduk di gazebo tersebut sembari menikmati keindahan sekitar.